Cara Merawat Burung Jalak Suren Yang Stres Dan Anakan

Diposting pada

Cara Merawat Burung Jalak Suren – Jalak Suren yang di kenal mempunyai beberapa jenis di antaranya ialah Jalak Suren Jawa biasanya disebut juga dengan Jalak Uren, kemudian ada Jalak Suren Malaysia atau Jalak Suren Borneo yang berasal dari Kalimantan, kemudian juga ada Jalak Suren Sumatra, memang benar jika cara merawat jalak suren memang lumayan menguras fikiran dan tenaga, namun semuanya akan berbuah manis jika kita benar-benar menerapkan semua yang dibutuhkan dalam perawatan burung cantik ini.

Burung Jalak terkenal dengan harga mahal, bahkan sejak baru bisa nangkring bisa di hargai Rp. 600.000 per pasang. Jika sudah dewasa, misalnya sudah berusia 1 tahun keatas, burung ini bahkan bisa di hargai Rp. 1.5 juta perpasang. Mengingat mahalnya harga burung tersebut mengharuskan kita untuk memberikan perhatian atau perawatan yang sangat ekstra setiap harinya. Baik saat di sangkar maupun saat di kembangbiakan.

Cara Merawat Jalak Suren Yang Benar
Cara Merawat Jalak Suren Yang Benar

Cara Merawat Burung Jalak Suren

Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui bagaimana cara merawat dan menangkar Burung Jalak Suren, berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu.

Memperhatikan Kandang atau Sangkar

Kandang harus steril dan ukurannya juga harus agak besar ya supaya mempermudah gerak dari burung jalak suren tersebut.

Menjinakkan Jalak Suren Lebih Dulu

Untuk jalak suren hasil dari tangkapan hutan harus di jinakkan terlebih dulu seperti membiasakan sering bertemu dengan manusia.

Tetapi untuk burung yang di dapatkan dari hutan atau di tangkap di alam liar sebaiknya melalui proses penjinakan terlebih dahulu. Mulailah dengan membiasakan burung tersebut dengan kehadiran manusia serta hewan atau benda lain.

Makanan

Makanan yang berkualitas juga sangat berpengaruh terhadap gacoran dari burung tersebut, kamu bisa memberikan makanan seperti voer ayam atau lele yang di kenal mempunyai vitamin sangat tinggi. kamu juga bisa menambahkan beberapa makanan ekstra seperti jangkrik, kroto, cacing, buah-buahan dan biji-bijian.

Untuk mendapat kualitas terbaik dari burung jalak suren kamu bisa melakukan beberapa hal seperti :

  • Setiap pagi burung sebaiknya di mandikan dengan metode semprot sampai basah kuyup.
  • Setelah di mandikan burung kemudian di jemur hingga kering.
  • Dan jangan lupa memberikan multivitamin untuk menjaga kesehatan agar burung tetap fit.

Mastering

Yang terakhir adalah melatih gacoran untuk jalak suren tersebut seperti menggunakan burung lain atau bisa juga melatihnya dengan melalui MP3.

Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stres

Hey pernahkah kamu melihat burung jalak suren yang di pelihara diam saat di dekati, namun berkicau lagi saat kamu menjauh? Ya, mungkin di antara peternak burung di Indonesia. Pasti pernah merasakan bahwa seolah-olah burung jalak suren yang di pelihara langsung terlihat stres begitu di dekati manusia, namun bunyi kembali ketika tidak ada manusia.

Perilaku aneh Jalak Suren ini bukan karena dia sedang sakit atau terkena suatu penyakit ya, tetapi karena stres di perlakukan kurang baik oleh manusia atau pemiliknya. Burung jalak suren yang di pelihara bisa stres karena mendapatkan perawatan yang buruk dari pemiliknya.

Maka mulailah untuk mengubah tindakan yang buruk tadi dengan tindakan atau perawatan yang baik terhadap burung jalak suren yang di pelihara. Berikut ini  Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Stres :

  • Tidak mengagetkan burung jalak suren yang di pelihara lagi. Nah agar burung Jalak Suren tidak kaget, ajaklah ia bicara atau berinteraksi sebelum mendekati burung Jalak Suren dengan cara memanggil namanya (jika burung jalak suren sudah di beri nama panggilan ya gays).
  • Kandang (sangkar) burung jalak suren yang di pelihara tidak perlu di pindahkan, kecuali memang kondisinya tidak memungkinkan seperti hujan atau cuaca terlalu panas. Saat memindah kandang (sangkar), sebaiknya di lakukan dengan sangat berhati hati dan pelan.
  • Jika kandang (sangkar) burung Jalak Suren sudah terlihat jelek, kamu tidak perlu menggantinya terlalu sering, cukup di bersihkan saja. Kamu mungkin mengira burung jalak suren akan senang dengan kandang (sangkar) baru, tetapi burung jalak suren tersebut justru merasa tidak nyaman dan harus adaptasi dengan tempat tinggal baru.
  • Sesuaikan juga kebiasaan burung jalak suren yang di pelihara. Jika burung jalak suren tidak suka di kerodong, maka kandang (sangkar) jangan di kerodong, biarkan saja terbuka.
  • Hati-hati dalam menggantang kandang (sangkar) burung Jalak Suren. Dan pastikan kandang (sangkar) sudah menggantung secara sempurna dan berada di tempat yang aman.
  • Jaga terus burung jalak suren yang di pelihara dari gangguan hewan-hewan lain, seperti kucing, ular, tikus, dll.
  • Saat membersihkan alas kotoran untuk burung Jalak Suren di dalam kandang (sangkar), sebaiknya kamu juga harus berhati hati dalam menariknya dan memasukkannya kembali. Selain itu, jangan sampai jari kaki burung Jalak Suren itu terjepit.
  • Asap rokok tidak hanya membahayakan kesehatan manusia, akan tetapi juga burung peliharaan kamu. Burung jalak suren ini juga tidak menyukai asap rokok, karena itu hindarkan burung jalak suren dari asap rokok sebab ia juga bisa terkena penyakit paru-paru karena asap rokok seperti manusia.
  • Burung jalak suren yang di pelihara memang perlu di mandikan, tetapi mandikan burung Jalak Suren dengan cara yang baik, seperti di semprot embun halus, atau di mandikan di dalam cepuk. Jangan langsung di semprot menggunakan pancuran atau air kran yang keras.
  • Jika ada bulu burung Jalak Suren yang kurang rapi, sebaiknya di biarkan saja sampai lepas sendiri atau di cabut menggunakan air hangat agar tidak terlalu sakit.
  • Burung jalak suren yang di pelihara juga bisa menirukan suara manusia. Oleh karena itu, kamu harus selalu berbicara yang baik kepada burung jalak suren yang di pelihara.
  • Burung jalak suren yang di pelihara juga perlu di ajak ngobrol atau berbicara ya gays, agar burung jalak suren menjadi jinak. Selain itu, agar hubungan kamu dengan burung Jalak Suren semakin harmonis.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cucak Ijo

Cara Merawat Jalak Suren Anakan

Untuk seorang penghobi pemula yang ingin mempunyai jalak suren tentu akan berpikir dua kali dalam membeli atau merawat anakan jalak suren. Sebelum masuk ke fase perawatan, ada baiknya kita ketahui betul bagaimana cara memilih anakan jalak suren yang mempunyai potensi.

Jika sudah, kamu akan masuk dalam fase perawatan anakan jalak suren yang harus mempunyai perhatikan lebih. Berikut ini ada tips dan trik bagaimana cara merawat jalak suren anakan yang baik dan benar. Langsung aja simak berikut ini !

  • biasanya burung Jalak suren lumayan cenderung tidak menyukai beberapa jenis buah-buahan jika jalak suren sudah dewasa, seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan merupakan hal yang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan burung. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memperkenalkan buah-buahan pada jalak suren kamu. Rutinlah memberikan buah-buahan atau sayuran yang sudah di potong kecil terlebih dahulu. Cobalah berikan pisang batu, mangga, pepaya, dan lainnya.
  • Berikan multivitamin seperti BirdVit untuk menunjang pertumbuhan jalak suren anakan kamu.
  • Tambah dengan serangga atau EF seperti jangkrik cukup 1 sampai 2 ekor setiap 1 sampai 2 jam. Berikan juga voer yang sudah di campur sedikit air agar memaksimalkan nutrisi yang masuk.
  • Pemasteran dapat dilakukan jika di rasa jalak suren anakan sudah tak terlihat merengek minta makan lagi. Waktu yang tepat dalam pemasteran ialah pada saat burung sedang beristirahat dan ada baiknya di lakukan dalam masa anakan sejak dini. Pemasteran dapat dilakukan menggunakan pemasteran langsung dengan burung atau menggunakan mp3 player.
  • Pada usia 4-5 bulan, burung jalak suren untuk pertama kalinya akan mengalami masa mabung. Pada fase ini jalak suren juga akan merontokkan bulunya sendiri dan di ganti dengan bulu yang baru, lebih mengkilap, dan rapi. Di masa mabung, hal yang penting ialah bagaimana agar si jalak suren tidak mengalami stres.
  • Beberapa ciri-ciri si jantan yang sudah dewasa adalah kloaknya yang bewarna kebiruan, sedangkan untuk betina berwarna kemerahan. Pada fase ini usia jalak suren sudah menginjak 8 bulan dan beranjak dari remaja ke dewasa. Dan di fase ini juga jalak suren akan lebih aktif untuk berkicau karena sudah di latih pemasteran saat masih anakan.
  • Pembersihan kandang pada saat masih remaja juga perlu di lakukan. Perhatikan juga setiap apa yang bisa mendatangkan penyakit bagi jalak suren. Biasanya kandang (sangkar) berjamur rentang memberikan jalak suren berbagai penyakit. Lakukanlah pembersihan kandang pada saat jalak suren menginjak usia 4 bulan lebih.
  • Penjemuran juga sangat penting agar anakan jalak suren sehat dan kondisi tubuhnya vit. Jemur jalak suren anakan kurang lebih dari 30 menit.
  • Memandikan jalak suren anakan adalah hal yang sangat vital demi mejaga kesehatan. Kamu juga bisa memandikan burung dengan cara di semprot, masukkan ke karamba atau memberi cepuk agar mandi sendiri.

Cara Perawatan Burung Lainnya

Itulah dia beberapa trik dan tips cara merawat jalak suren yang baik dan benar. Mengetahui ciri-ciri jalak suren yang benar dan memiliki potensi juga sangat penting. Beberapa penilaian yang harus di perhatikan adalah bentuk tubuh yang proposional.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *